5 ALASAN SKOR WRITING IELTS KAMU JELEK

    Oleh: Muhammad Muhtam Amalana


Writing terkadang banyak menjadi momok yang mneyeramkan bagi kita. Terutama ketika kita mengambil ujian IELTS yang ada writing. Tak jarang Writing di IELTS pun mendapat skor yang tidak memuaskan. Lalu, apa sih yang sebenarnya membuat writing kita di IELTS itu bisa dikatakan jelek?

1. Tidak Sesuai Perintah

Bisa jadi, saat mengerjakan Writing IELTS, kita tidak fokus pada perintah soal sehingga poin yang harus dibahas malah kita tinggalkan. Misalkan tersedia diagram dan kita diminta untuk mendeskripsikan diagram tersebut, tetapi kita malah mengomentari hal yang tidak berkaitan dengan deskripsi diagram, maka itu bisa menjadi alasan skor writing IELTS kita jadi jelek.


2. Tidak Coherence

Pastikan apa yang kita tulis dalam Writing IELTS antara awal kalimat hingga akhir itu bersambung atau terdapat koherensi. Jangan sampai apa yang kita tulis di awal kemudian ketika sampai tengah atau akhir melenceng dari topik dan malah terkesan tidak nyambung. Tetaplah fokus pada inti pembahasan dan jangan melenceng dari topik.


3. Pakai Kosakata yang Mainstream

Gunakanlah selalu kosakata yang berbeda untuk merujuk satu makna yang sama. Semakin kaya diksi yang kita gunakan dalam menulis, maka semakin bagus juga nilai Writing dalam IELTS kita. So, sering-sering menghafalkan sinonim suatu kata ya, Sobat.


4. Grammar yang Tidak Tepat

Penggunaan Grammar menjadi salah satu poin terpenting dalam mengerjakan writing IELTS. Pastikan susunan Grammar yang kamu tulis sudah tepat dan sesuai dengan aturan grammatika bahasa Inggris. Selain itu, hindari istilah-istilah Indonesia yang dipaksa untuk dibahasainggriskan. Usahakan untuk selalu berpatokan pada bagaimana Native menyusun sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.


5. Kurang Latihan

Practice makes perfect. Usahakan untuk terus berlatih, berlatih, dan berlatih menulis agar kemampuan writing kita semakin meningkat. Jangan pernah coba-coba ikut tes IELTS dengan nekat tanpa persiapan yang matang. Karena selain mahal, juga akan buang-buang tenaga kita. :)


Writing, writing apa yang bikin sayang?

~writing tresno jalaran soko kulino~

Postingan populer dari blog ini

TERNYATA BEDA! INI PERBEDAAN CHINA, HONG KONG, TAIWAN DAN MACAU

INI LIMA LAGU YANG WAJIB DIDENGERIN ANAK BAHASA ARAB, NOMOR 03 SUDAH TIDAK ASING!

LIMA KAMPUS ISLAM TERBAIK DI TIMUR TENGAH