TERNYATA BEDA! INI PERBEDAAN CHINA, HONG KONG, TAIWAN DAN MACAU


Meskipun sama-sama dikenal sebagai China, ternyata Republik Rakyat China, Hong Kong, Taiwan dan Macau itu berbeda. Bagaimana perbedaannya? berikut ini penjelasan perbedaan antara RRC, Hong Kong, Taiwan dan Macau.

1. China (Republik Rakyat Tiongkok)
Republik Rakyat Tiongkok (RRT) beribukota di Beijing dan memiliki penduduk terbesar di dunia yaitu sekitar 1,4 miliar jiwa dan memiliki luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Mandarin dan memiliki banyak sekali bahasa daerah seperti bahasa Mongolia, Uyghur, Tibet dan lain-lain. RRT menganut sistem pemerintahan satu partai dan ekonomi sosialis. Negara ini memiliki beberapa daerah administrasi khusus seperti Hong Kong, Taiwan dan Macau yang memiliki sistem pemerintahan, ekonomi dan konstitusi sendiri sehingga seperti terdapat negara di dalam negara. Ini akan kita bahas di slide selanjutnya.

2. Hong Kong
Hong Kong (Daerah Administratif Khusus Hong Kong) adalah sebuah daerah otonomi yang terletak di sebelah tenggara Republik Rakyat Tiongkok. Bahasa Resmi yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Bahasa Kanton juga banyak dituturkan di Hong Kong. Penduduk Hong Kong sekitar 7 juta jiwa dan memiliki luas wilayah hanya 1104 km persegi. Hong Kong memiliki pemerintahan sendiri walaupun secara resmi ia adalah bagian dari RRT (satu negara, dua sistem). Hong Kong dipimpin oleh seorang Kepala Eksekutif (mirip presiden) dan juga memiliki Legislatif 2 Kamar (MPR dan DPR).

3. Taiwan
Taiwan (Republik Tiongkok) adalah sebuah Negara yang menguasai daerah kepulauan Taiwan dan sekitarnya. Beribukota di Taipei dan memiliki penduduk sebesar 23 juta jiwa dan memiliki luas wilayah 36 ribu km persegi. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Mandarin, Formosa, Hokkien, Taiwan dan Hakka. Dulunya, Republik Tiongkok menguasai seluruh China daratan, tetapi karena konflik dengan Partai Komunis Tiongkok pada 1949 kemudian mereka tergusur ke pulau Taiwan dan membentuk sebuah pemerintahan sendiri di sana. Meski berdiri sebagai sebuah negara sendiri, tetapi Republik Tiongkok belum mendapatkan dukungan De Jure secara penuh di dunia internasional. Hanya beberapa negara saja yang mengakui keberadaan Republik Tiongkok dan kebanyakan mengakui Taiwan sebagai daerah administrasi khusus yang berada di bawah pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok.

4. Macau
Macau adalah sebuah wilayah dengan status Daerah Administrasi Khusus di Republik Rakyat Tiongkok beribukota di Macau Sar. Macau memiliki penduduk 653.000 jiwa dan memiliki luas wilayah sebesar 115,3 km persegi. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Mandarin, Kanton dan Portugis. Macau dulunya adalah sebuah koloni Portugal, tetapi pada tahun 1999 diserahkan kedaulatannya kepada RRT melalui perjanjian antara RRT dengan Portugal.

Menarik ya? Ternyata China tidak seperti yang kita ketahui selama ini..
Bagaimana pendapatmu?

Postingan populer dari blog ini

INI LIMA LAGU YANG WAJIB DIDENGERIN ANAK BAHASA ARAB, NOMOR 03 SUDAH TIDAK ASING!

LIMA KAMPUS ISLAM TERBAIK DI TIMUR TENGAH