BAHASA INGGRIS TERNYATA BUKAN DARI NEGARA INGGRIS!

Oleh: Novianti
Sumber: https://theconversation.com/what-will-the-english-language-be-like-in-100-years-50284

Siapa yang terkejut? Kamu tidak salah baca kok. Bahasa Inggris ternyata memang tidak murni diciptakan dari negara Inggris.  Lalu, dari mana, dong? 

Yuk, langsung kepoin!


Bahasa Inggris bermula dari bangsa Norman yang berbahasa Perancis menginvasi Inggris pada tahun 1066. Banyak sekali kosa kata baru dalam bahasa Perancis dan Latin yang digunakan di Inggris.


Para ahli linguistik menyimpulkan bahwa bahasa Inggris, Swedia dan Jerman berasal dari Proto Jermanik yang digunakan untuk berkomunikasi pada 500 Masehi. Bahasa Old English yang juga disebut sebagai bahasa Anglo-Saxon dibawa oleh suku Anglo, Saxon, dan Jutes.


Sayangnya, bahasa Proto Jermanik tidak pernah dicatat. Alhasil, peneliti membangun ulang bahasanya melalui perbandingan dengan bahasa turunannya yaitu Proto-Indo-Eropa yang digunakan sekitar 600 tahun lalu.


Sekalipun nenek moyang dari bahasa Inggris sangatlah beragam, pengaruh paling banyak berasal dari bahasa Jerman dan bahasa Perancis. 


Bahasa Inggris sendiri terdiri dari 26% bahasa Jerman, 29% bahasa Perancis, 29% bahasa Latin, 6% bahasa Yunani, dan 10% sisanya dari bahasa lain dan nama diri.


Ternyata bahasa Inggris merupakan hasil pengembangan dan penggabungan dari bahasa lain. Apa saja nih kata serapan dalam bahasa Inggris dari bahasa lain yang kamu ketahui?


Postingan populer dari blog ini

TERNYATA BEDA! INI PERBEDAAN CHINA, HONG KONG, TAIWAN DAN MACAU

INI LIMA LAGU YANG WAJIB DIDENGERIN ANAK BAHASA ARAB, NOMOR 03 SUDAH TIDAK ASING!

LIMA KAMPUS ISLAM TERBAIK DI TIMUR TENGAH