TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN OTODIDAK

Ilustrasi. Sumber: www.mystupidtheory.com


oleh: Fadiyah Misbahudina Arliami 
Belajar Bahasa Inggris tidak selalu dapat dilakukan di tempat kursus ataupun Online, belajar otodidak bisa menjadi solusi yang baik untuk anda yang ingin belajar Bahasa Inggris. Kita semua tahu bahwa belajar Bahasa Inggris bukanlah sekedar pengetahuan teori namun juga praktek yang harus dilakukan secara berkelanjutan karena itu sekalipun kamu belajar secara otodidak, kedua unsur ini akan kamu lakukan dengan efektif. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tips-tips belajar otodidak untuk pemula yang ingin belajar Bahasa Inggris karena tidak memiliki waktu yang cukup luang untuk melakukan kursus.

Tips yang pertama: Materi belajar (tulisan, audio, visual)

Materi belajar menjadi unsur penting bagi kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris. Materi belajar yang menyenangkan bisa kalian temukan misalnya melalui tulisan atau buku. Kalian bisa membeli buku-buku cerita, novel berbahasa Inggris atau kalian bisa melihat dari film yang menggunakan Bahasa Inggris sehingga hal ini bisa menambah vocabulary kalian sekaligus membiasakan kalian untuk berlatih listening Bahasa Inggris. Jika ingin meningkatkan lagi kemampuanmu, kamu bisa mencoba mendengarkan podcast dalam Bahasa Inggris, atau bisa membeli kamus atau mengunduh kamus di handphone, karena zaman teknologi sekarang banyak sekali tersedia aplikasi-aplikasi yang membantu kita untuk belajar Bahasa Inggris.

Tips yang kedua: Banyak pelajari kosakata bahasa inggris

Hal ini dapat kamu lakukan ketika waktu kosong, pelajarilah tiga atau lima kosakata Bahasa Inggris, hafalkan dan dengarkan pengucapannya.

Tips yang ketiga: Praktekkan secara rutin

Untuk menguasai Bahasa Inggris dibutuhkan keterampilan praktek, kuncinya adalah kamu harus terus mengulangi kosakatanya dan memiliki komitmen, ketekunan, kesabaran, kamu pasti bisa menguasai bahasa inggris dengan mudah.

Tips yang keempat: Berlatih dengan monolog

Mempraktekkan Bahasa Inggris salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan monolog. Kamu bisa berlatih di depan cermin untuk menambah rasa percaya dirimu dengan melakukan monolog. Kamu  juga bisa lebih peka terhadap kesalahan yang mungkin anda lakukan saat berbicara dalam Bahasa Inggris.

Tips yang kelima: ikut komunitas Bahasa Inggris

Bergabung dengan komunitas Bahasa Inggris bukan hanya membantu anda terbiasa berbicara bahasa inggris tapi bisa menambah koneksi kamu.

Kunci dari fasih berbahasa Inggris adalah dengan banyak berlatih. Salah satu kelebihan dari belajar otodidak adalah kamu bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan cepat, mudah dan efektif. (m)

Postingan populer dari blog ini

TERNYATA BEDA! INI PERBEDAAN CHINA, HONG KONG, TAIWAN DAN MACAU

INI LIMA LAGU YANG WAJIB DIDENGERIN ANAK BAHASA ARAB, NOMOR 03 SUDAH TIDAK ASING!

LIMA KAMPUS ISLAM TERBAIK DI TIMUR TENGAH