TIPS AMPUH MEMPELAJARI BAHASA ARAB BAGI PEMULA



Oleh :Fadiyah Misbahudina Arliami

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang termasuk ke dalam rumpun Bahasa Semit serta berkerabat dengan bahasa Ibrani dan Neo Arami. Dalam rumpun Bahasa Semit, Bahasa Arab ini memiliki penutur yang lebih banyak sekira 280 juta orang yang menuturkan bahasa ini dan sebagian besar adalah orang yang tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa Arab ini telah digunakan oleh 25 Negara dan merupakan salah satu bahasa peribadatan terutama bagi umat Islam karena merupakan bahasa yang digunakan di dalam Al-Quran.

Adapun tips ampuh untuk mempelajari bahasa Arab bagi kalian yang pemula antara lain:

1. Banyak-banyaklah dalam menghafal mufrodats atau kosakata serta terjemahannya. Caranya agar tidak sulit yaitu istiqomahkan dalam sehari hari menghafal 3 kosakata.
2. Kemudian setelah di hafal coba cari makna dari 3 kosakata tersebut dan buat kalimat bahasa indonesia terlebih dahulu kemudian baru cari bahasa Arabnya.
3. Hafalkan banyak tentang kalimat percakapan (muhaddatsh) bisa dimulai dengan kalimat perkenalan.
4. Belilah kamus bahasa Arab seperti kamus  Al Munawir atau Munjid dan pastikan kamu sudah paham bagaimana cara mencari kata perkatanya.
5. Cobalah menerjemahkan kitab yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya.
6. Cobalah membuat suatu karangan cerita dengan menggunakan Bahasa Arab. Setelah itu mintalah kepada guru atau teman yang ahli dalam bidang Bahasa Arab untuk mengoreksinya.
7. Carilah teman yang kemampuan Bahasa Arabnya sama dengan kita dengan tujuan untuk memotivasi kita supaya kita memiliki lawan kompetisi yang baik agar kita  lebih semangat.
8. Bergurulah atau belajar kepada teman atau orang yang ahli dalam bahasa Arab.
9. Terakhir kunci utama yaitu terus belajar dan jangan pernah merasa puas atas semua usaha yang kita lakukan.

Postingan populer dari blog ini

TERNYATA BEDA! INI PERBEDAAN CHINA, HONG KONG, TAIWAN DAN MACAU

INI LIMA LAGU YANG WAJIB DIDENGERIN ANAK BAHASA ARAB, NOMOR 03 SUDAH TIDAK ASING!

LIMA KAMPUS ISLAM TERBAIK DI TIMUR TENGAH